klik saja

Tipe-tipe Proses Keputusan Inovasi

Posted by

TAHUKAH KAWAN TIPE-TIPE PROSES KEPUTUSAN INOVASI?

Pada kesempatan kali ini Sistem Pengetahuan Sosial membagikan artkel tentang tipe-tipe proses keputusan inovasi., Semoga artikel ini mampu memberikan manfaat untuk para pembaca. Salam belajar...>>>
Tipe-tipe Proses Keputusan Inovasi
Ada beberapa tipe keputusan inovasi antara lain sebagai berikut.
Keputusan otoritas
Pengertian Keputusan otoritas adalah keputusan yang dipaksakan kepada seseorang oleh individu yang berada dalam posisi atasan, atau dengan kata lain pemilihan untuk menerima atau menolak inovasi, berdasarkan keputusan yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai kedudukan, status, wewenang atau kemampuan yang lebih tinggi dari pada anggota yang lain dalam suatu sosial. Para anggotasistem sosial tersebut tidak mempunyai pengaruh atau peranan dalam membuat keputusan inovasi, melainkan hanya melaksanakan apa yang telah diputuskan oleh unit pengambil keputusan.
Keputusan Individual
Pengertian Keputusan individual adalah keputusan yang dibuat oleh seseorang, terlepas dari keputusan-keputusan yang dibuat oleh anggota sistem. Keputusan individual ini ada dua macam, yaitu :
  • Keputusan Opsional , yaitu pemilihan menerima atau menolak inovasi, berdasarkan keputusan yang ditentukan oleh individu atau seseorang secara mandiri tanpa tergantung atau terpengaruh dorongan anggota sistem sosial yang lain. Meskipun dalam hal ini individu mengambil keputusan itu berdasarkan norma sistem soaial atau hasil komunikasi interpersonal dengan anggota sistem sosial yang lain. Jadi hakikat pengertian keputusan inovasi opsional ialah individu yang berperan sebagai pengambil keputusan untuk menerima atau menolak suatu inovasi.
  • Keputusan Kolektif , yaitu pemilihan untuk menerima atau menolak inovasi, berdasarkan keputusan yang dibuat secara bersama-sama (melalui konsensus) berdasarkan kesepakatan antar anggota sosial. Semua anggota sosialharus menaati keputusan bersama yang telah di buatnya.
  • Keputusan Kontingen, yaitu pemilihan untuk menerima atau menolak inovasi setelah ada keputusan inovasi yang mendahuluinya. Misalnya, keputusan untuk mengadopsi metode mengajar baru dapat dilakukan setelah ada keputusan kolektif, tetapi keputusan kontingen ini biasa merupakan kombinasi dari dua atau lebih keputusan inovasi.
Tipe-tipe Proses Keputusan Inovasi
Sekian artikel tentang tipe-tipe proses keputusan inovasi. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk para pembaca. Semangat belajar dan tetap ikuti kami di http://sistempengetahuansosial.blogspot.com/.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sistempengetahuansosial Updated at: 5:30:00 PM

Cari di Google