klik saja

Pengertian Saluran Komunikasi dan Macam Saluran Komunikasi

Posted by

PENGERTIAN SALURAN KOMUNIKASI

Salam jumpa kawan-kawan., Kali ini Sistem Pengetahuan Sosial membagikan artikel tentang pengertian saluran komunikasi dan macam saluran komunikasi. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kawan-kawan pembaca Sistem Pengetahuan Sosial. Selamat Belajar...>>>
Sering sulit orang membedakan antara sumber pesan dengan saluran yang menghantar pesan. Sumber adalah seseorang atau lembaga yang menciptakan suatu pesan. Sedangkan saluran adalah alat dengan mana suatu pesan berpindah dari sumber kepada penerima. Analog untuk saluran adalah sebuah perahu yang membawa muatan (pesan) dari pelabuhan satu (sumber) ke pelabuhan lainnya (penerima).
Macam Saluran Komunikasi
Para peneliti membagi saluran komunikasi menjadi (1) saluran interpersonal dan medis massa, dan (2) saluran lokal dan saluran kosmopolit. Saluran interpersonal adalah saluran yang melibatkan pertemuan tetap muka (sumber dan penerima) antara dua orang atau lebih. Misalnya rapat  atau pertemuan kelompok, percakapan langsung, pembicaraan dari  mulut ke mulut,getok tular dsb.sedangkan saluran media massa adalah alat-alat penyampai pesan yang memungkinkan sumber mencapai suatu audiens dalam jumlah besar, yang dapat menembus batasan waktu dan ruang. Misalnya radio, televisi, film, surat kabar, buku dsb.
Saluran interpersonal dapat bersifat kompolisit yakni jika menghubungkan dengan sumber di atau dari luar sistem, misalnya jika seseorang anggota sistem mengadakan perjalanan/pergi ke luar daerah untuk menjumpai sumber informasi. Atau ada orang dari luar daerah yang berkunjung ke dalam sistem dan mengadakan pertemuan dengan anggota sistem untuk menyampaikan informasi. Saluran antar pribadi disebut lokalit jika kontrak-kontrak langsung itu sebatas daerah atau sistem sosial itu saja. Sebaliknya saluran media massa dapat dipastikan bersifat kompolisit. Masing-masing macam komunikasi mempunyai kemampuan tersendiri yang berbeda-beda; ada hal-hal yang dapat dilakukan oleh saluran tertentu yang tak dapat dilkukan oleh saluran lainnya.masing-masing saluran memiliki karakteristiknya sendiri dalam meneruskan pesan komunikasi. Perbedaan penting antara saluran media massa dengan saluran antar pribadi dapat digambarkan sebagai berikut :
Ciri-ciri Saluran Antar Pribadi Saluran Media Massa
Arus Pesan Cenderung dua arah Cenderung satu arah
Konteks Komunikasi Tatap Muka Berperantara
Kemungkinan Umpang Balik Tinggi Rendah
Kemampuan Mengatasi Proses Selektif (terutama selective exposure Tinggi Rendah
Kecepatan Mencapai Khalayak dalam Jumlah Besar Relative Lambat Relative Cepat
Efek yang Mungkin dihasilkan Perubahan dan Pembentukan Sikap Perubahan Pengetahuan
Pengertian Saluran Komunikasi dan Macam Saluran Komunikasi
Pembedaan sifat saluran tersebut tentu saja masih dapat diperhalus lagi, misalnya antara bentuk media massa satu dengan yang lain mungkin ada sifat-sifat yang berbeda; radio memiliki keampuhan tersendiri yang berbeda dengan yang dimiliki media majalah, atau televisi dalam menyampaikan pesan-pesan kepada penerima. Begitu pula halnya dengan saluran interpersolnal. Dengan memperhatikan perbedaan sifat itu, jika seseorang ingin berhasil dalam komunikasinya  maka ia harus dapat memilih saluran yang tepat yang sesuai denga tujuan komunikasi, konteks pesan dan siapa penerimanya.
Sekian artikel tentang pengertian saluran komunikasi dan macam saluran komunikasi. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kawan - kawan. Semangat Belajar dan tetap ikuti  http://sistempengetahuansosial.blogspot.com//.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sistempengetahuansosial Updated at: 5:00:00 PM

Cari di Google