klik saja

Pengertian Proses Keputusan Inovasi Menurut Para Ahli

Posted by

Tahukah Kalian apa Pengertian Proses Keputusan Inovasi?

Kali ini dalam Sistem Pengetahuan Sosial akan dibahas mengenai pengertian proses keputusan inovasi., Semoga artikel ini mampu menambah pengetahuan pembaca tentang apa pengertian proses keputusan inovasi, serta aspek-aspek yang terkait di dalamnya. Baiklah kawan-kawan sebelum menyimak pengertian proses keputusan inovasi pertama ...>>>

Pengertian Proses Keputusan Inovasi

Definisi Proses keputusan inovasi ialah proses yang dilalui (dialami) individu (unit pengambil keputusan yang lain), mulai dari pertama tahu adanya inovasi, kemudian dilanjutkan dengan keputusan setuju terhadap inovasi, penetapan keputusan menerima atau menolak inovasi, implementasi inovasi, dan konfirmasi terhadap keputusan inovasi yang telah diambilnya.
Keputusan inovasi merupakan suatu tipe pengambilan keputusan yang khas; keputusan ini mempunyai ciri-ciri tersendiri yang tak ditemukan dalam situasi pembuatan keputusan lainnya. Dalam kasus inovasi, seseorang harus memilih alternative baru setelah inovasi itu ada.Kebaruan alternatif itulah yang menjadi aspek pembeda. Dalam membahas hal ini akan dipertautkan pengertian tentang belajar, pengambilan keputusan dan teori dissonansi ke dalam konseptualisasi proses keputusan inovasi.
Menurut (Saefudin, 2008), pengertian proses keputusan inovasi ialah proses yang dilalui (dialami) individu, mulai dari pertama tahu adanya inovasi, kemudian dilanjutkan dengan keputusan setuju terhadap inovasi, penetapan keputusan menerima atau menolak, implementasi inovasi, dan konfirmasi terhadap keputusan inovasi yang telah diambilnya. Proses keputusan inovasi bukan kegiatan yang dapat berlangsung seketika, tetapi merupakan serangkaian kegiatan yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu, sehingga individu atau organisasi dapat menilai gagasan yang baru itu sebagai bahan pertimbangan untuk selanjutnya akan menolak atau menerima inovasi dan menerapkanya.
Pengertian Proses Keputusan Inovasi Menurut Para Ahli

Manusia dianugerahi akal, pikiran dan perasaan untuk mengaktualisasikan kehidupan di dunia. Mereka mengarahkan kehidupannya untuk lebih maju, sejahtera dan makmur. Teknologi, komunikasi dan telekomunikasi salah satu aspek-aspek yang mempebaruhi kehidupan masyarakat dan sampai diterapkan dalam kehidupannya untuk mengikuti perkembangan zaman. Melalui inovasi manusia menjadi berkarakteristik modern dimana proses perubahan sosial dan masyarakat tradisional ke masyarakat yang lebih maju. 
Pemahaman tentang proses inovasi yang berorientasi pada individu tetap merupakan dasar untuk memahami proses dalam organisasi. Salah satu elemen difusi yang dikemukan rogers adalah “waktu”. Waktu adalah elemen yang penting dalam proses difusi karena waktu merupakan aspek utama dalam proses komunikasi.
Peranan dimensi waktu dalam proses difusi merupakan proses keputusan inovasi, dimana proses sejak seseorang mengetahui inovasi pertama kali sampai ia memutuskan untuk menerima atau menolak inovasi. Inovasi dapat diterima atau ditolak oleh seseorang (individu) sebagai anggota sistem sosial, atau oleh keseluruhan anggota sistem sosial, yang menentukan untuk menerima keputusan bersama atau berdasarkan paksaan (kekuasaan). Untuk sampai menerima keputusan yang mantap perlu adanya kejelasan informasi yang akan mengurangi ketidakpastian dan berani mengambil keputusan, maka dari itu kelompok kami akan membahas tentang proses keputusan inovasi.
Sekian artikel tentang pengertian proses keputusan inovasi menurut para ahli., semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk pembaca. Semangat belajar dan selalu bersama kami di http://sistempengetahuansosial.blogspot.com/.
Sumber : 
Danim,Sudarwan.2002.Inovasi Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia.
Mardikanto, Totok.2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta : LPP UNS.
Rogers, E. M. 1983. Diffusion of Innovasion. New York: The Free Press A Divison of Macmillan Publishing Co.Inc.
Soekartawi.2005. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian.Jakarta : UIP.
Syaefudin, U. 2008. Inovasi Pendidikan.  Bandung : Alfabeta


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sistempengetahuansosial Updated at: 5:30:00 PM

Cari di Google